Kamis, 15 Maret 2012

Cara Instal Ulang W7 di Laptop Axioo Menggunakan USB/Flashdisk

Menginstal windows 7 normal via dvd memang hal yang biasa akan tetapi jika menginstal windows 7 lewat USB/flashdisk agak sedikit ribet.
Nah berikut kami hadirkan Cara Install Ulang Windows 7 Lewat Flashdisk selengkapnya untuk anda, sekarang ikuti langkah-langkahnya berikut :
1. Siapkan installer windows 7 ultimate
Disini kamu harus menyiapkan installer windows 7 ultimate berupa dvd ataupun yang sudah berupa Copy-an dari dvd(flashdisk),yang asli boleh, yang bajakan boleh, dan hasil dari download-an juga boleh.
Bagi kamu yang mungkin belum punya salah satu installer di atas silahkan download  Windows 7 Ultimate di link manapun yang menyediakan tentang hal tersebut.
2.ukuran flashdisk minimal 4gb.
Berhubung kapasitas installer windows 7 ultimate ini sekitar 2.5gb-3.5gb(tergantung versi),
yah mau gak mau kamu harus korbanin salah satu flashdisk-nya yang mampu menampung kapasitas tersebut. ya bisalah beli, semua org yg ngenal dunia komputer seharusnya kan punya flashdisk( minimal) hehehehe

3. Download WinToFlash.
http://wintoflash.com/download/en/
4. mulai Mentransfer.
a. Colokkan usb,
b. Extract dan jalankan aplikasi WinToFlash, ikuti dan di next next  dan next aja instruksi mudahnya.
c. Bisa juga dengan menggunakan modus lanjutan,
tidak jauh berbeda dengan langkah “b”, pilih menu transfer, tentukan path, dan tinggal di next next aja,
*note: back up terlebih dahulu USB yang akan dijadikan installer
d. Proses transfer selesai . . . . ,

5. Saatnya menginstall.
a. Colokkan USB yang sudah melewati proses dari point nomer 4,
b. Restart laptop,  Ketika sedang booting tekan tombol F2 sampai muncul perintah Plaese Wait… setelah itu akan tersaji menu System Utilities, nah kita pilih Boot. Pilih boot priority yang pertama dengan USB Flashdisk kita (kita bootable dengan Flashdisk). Cara memindahkan USB Flashdisk agar jadi nomor 1 pake tombol huruf X. Setelah itu tekan F10 untuk simpan dan keluar.
c. laptop kembali restart dan ikuti langkah selanjutnya.. 

Masukkan DVD windows 7 atau colokkan flashdisk windows 7 kita, dan kemudian booting lah memakai media yang telah kita pilih, lalu proses loading file akan dimulai.


Pilih bahasa Anda, waktu & format mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next.

Klik Install now

Conteng I accept the license terms dan klik Next.

Klik Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau Custom (advanced) jika anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7.

(Lewati langkah ini jika Anda memilih Upgrade dan hanya memiliki satu partisi) Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows 7 dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.


Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7. Langkah pertama, (yaitu Windows mulai menyalin file) sudah dilakukan ketika anda booting DVD/fd Windows 7 sehingga akan selesai seketika.

Setelah menyelesaikan langkah pertama, ia akan memperluas (decompress) file yang telah disalin.


Langkah ketiga dan keempat juga akan diselesaikan langsung seperti langkah pertama.


Setelah itu secara otomatis akan restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.
 
 saat setelah restart, cabut USB/Flashdisk. dan Ketika sedang booting tekan tombol F2 sampai muncul perintah Plaese Wait… setelah itu akan tersaji menu System Utilities, selanjutnya ambil menu boot dan tekan F9 untuk kembali pada pengaturan default, maksudnya agar pada saat restart windows tidak lagi melakukan instal ulang atau booting. stelah itu tekan F10 untuk save dan exit. selanjutnya ikuti saja alurnya.
akan muncul gambar



Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada langkah sebelumnya.

Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.




Ketik nama pengguna yang Anda inginkan dalam kotak-teks dan klik Next. Nama komputer akan otomatis terisi.

Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik di kotak teks dan klik Next.

Ketik kunci produk Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini.

Pilih opsi yang Anda inginkan untuk Windows Update.

Pilih zona waktu dan klik Next.

Jika anda terhubung ke jaringan apapun, ia akan meminta Anda untuk menetapkan lokasi jaringan.






Nah selesai sudah proses penginstallan windows7 baik dengan menggunakan USB/flashdisk.
NOTE: untuk merk laptop yang lain, perbedaannya cuma pada saat memilih pengaturan BIOOS. saya cuma memposting yang Axioo karena pengalaman saya Axioo sangat ribet dalam masalah Instal ulang. semoga bermanfaat bagi saudara/i sekalian.
Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya. :)

8 komentar:

  1. apa resiko paling fatal jika saya salah menginstal ulang axioo saya??????

    BalasHapus
  2. tergantung. agan salahnya dimna. kalau lupa bgian mana yang dirubah masih bisa liat settingan yang lain. (searching di google)

    BalasHapus
  3. sebelumnya trimakasih, maren saya udah nginstal ulang laptop saya, tapi W8, gak W7
    tapi caranya juga tetep liat cara aga fa.za.fa
    buat agan fa.za.fa boleh saya minta alamat fb
    biar sedikit banyaknya saya bisa sharing tentang blog ke anda

    BalasHapus
  4. itu nanti flashdisknya bisa normal lagi nggak? dulu saya pernah install tapi linux pakai boot dari FD jg tapi kmudian ada spase pada FD saya yang gak bisa dipake sejumlah file bwt boot linux itu. Saya takut ini jg sama kayak kmaren. Mohon pencerahannya. trma kasih

    BalasHapus
  5. saya mu tanya.. lo sya download win 7 formatnya file ISO,, tu bisa langsung di pake apa emang harus pake win to flash dulu,,?

    BalasHapus
  6. saya mw tx, sy skarng sedang mengerjakan laptop axioo neon, prmasalahan yg sdang saya hadapi adalah laptop trsebut ketika saya menginstal w7, tidak masuk smp booting ke 2, pdahal saya sdah menaruh pasta pd proccessor tsb, hdd, memory dlm keadaan baik, mohon solusinya

    BalasHapus
  7. saya ingin mencoba tutorial ini tapi Saya takut kalo hal yang patal terjadi saat saya install ulang laptop axioo saya
    nanti apakah bisa dibetulkan kembali ?

    BalasHapus